Perlunya Manajemen Organisasi dalam Berwirausaha

Perlunya Manajemen Organisasi dalam Berwirausaha

A. Definisi Manajemen Organisasi
Manajemen organisasi adalah proses perencanaan dan pengorganisasian dan pengendalian sumber daya organisasi dengan tujuan mencapai tujuan organisasi. Tujuan organisasi tentu dapat beragam, tergantung pada organisasi itu sendiri.

B. Definisi Manajemen Usaha dan Bisnis
Manajemen usaha dan bisnis adalah proses mengelola untuk menciptakan sesuatu yang baru (lain alias berbeda dengan yang telah ada), dengan menggunakan suatu modal baik waktu, tenaga ataupun uang beserta resiko yang mungkin akan terjadi dengan tujuan untuk mencapai kepuasan, keuntungan serta kebebasan pribadi.

C. Definisi Kewirausahaan
Sedangkan kewirausahaan adalah sebuah proses untuk menciptakan sesuatu yang baru (lain alias berbeda dengan yang telah ada), dengan menggunakan suatu modal baik waktu, tenaga ataupun uang beserta resiko yang mungkin akan terjadi dengan tujuan untuk mencapai kepuasan, keuntungan serta kebebasan pribadi.

D. Strategi Kewirausahaan
     Kewirausahaan juga mempunyai strategi. Ada 4 stategi kewirausahaan, yaitu:
         A. Berlatih Disiplin Diri
"Disiplin diri adalah kemampuan untuk membuat diri Anda mampu melakukan dan meraih tujuan, apa yang harus Anda lakukan ketika Anda harus melakukannya, apakah Anda merasa suka atau tidak," kata Kop Kopmeyer.
Setelah Anda menemukan apa yang Anda inginkan, langkah selanjutnya adalah menentukan tindakan harian Anda. Anda mungkin tidak suka bangun pagi untuk bermeditasi, tetapi jika itu membantu Anda melonjak maju, itu layak dilakukan.

B. Minimalkan Gangguan
Ponsel pintar dan media sosial telah mempengaruhi dunia bisnis secara signifikan. Namun, ini juga menciptakan gangguan yang cukup, sehingga sulit bagi Anda untuk tetap produktif sepenuhnya.
Anda perlu belajar cara memutus gangguan di sekitar Anda. Untuk waktu tertentu, Anda dapat mencoba mematikan internet dan telepon untuk fokus pada tugas yang ada.
Rahasia lain untuk tetap fokus sebagai wirausaha adalah menjauhkan diri dari hal – hal negatif. Gejolak yang mengkhawatirkan dan emosional yang diciptakan oleh orang, pengalaman, dan lingkungan negatif dapat dengan mudah mengalihkan perhatian Anda dari tekad Anda. Anda perlu mencekal orang – orang yang mengingatkan Anda tentang kekurangan Anda di masa lampau atau sedikit prestasi Anda di masa sekarang.

C. Tetapkan Sasaran Harian Cerdas
Seseorang mengatakannya dengan benar, "Orang-orang tidak berencana untuk gagal, tetapi mereka gagal merencanakan." 
Jika Anda menjalankan bisnis tanpa menanam benih yang tepat untuk sukses, Anda akan merasa sulit. Anda harus memberikan arah dan menentukan tujuan bisnis Anda.
Ini membutuhkan perencanaan setiap hari dengan benar dan berfokus pada kegiatan yang secara langsung terkait untuk mencapai tujuan organisasi. Tujuan harian membantu Anda mempertahankan arah untuk mencapai tujuan jangka panjang Anda. Jika tidak, mudah untuk melupakan tujuan besar Anda.

D. Hindari Penundaan
Penundaan adalah kebiasaan yang memengaruhi kemajuan Anda dan menghalangi Anda mencapai tujuan Anda. Cengkeraman kenyamanan sering mencegah Anda mengambil tindakan. Saatnya memulai penundaan dan melakukan apa yang harus dilakukan sekarang.

Jika Anda ingin menjadi produktif, berhenti terobsesi dengan kesempurnaan. Ciptakan lingkungan kerja yang fleksibel di mana karyawan tidak menahan diri hanya karena takut melakukan sesuatu yang salah. Kerahkan tujuan Anda dengan cakupan yang cukup untuk bereksperimen dan belajar sesuatu yang baru.

Komentar