Business Plan

Business Plan


Assalamualaikum semuanyaa! Gimana kabar kalian? Semoga baik baik aja yaaa. Kali ini di blog saya akan menjelaskan tentang business plan. Kalian tau gak sih business plan itu apa? Apa kalian ingin tau lebih lanjut tentang ini? Kalau pengen, yuk ikuti saya!

A. Pengertian Business Plan
Apa sih yang kamu ketahui tentang business plan?
Business plan adalah suatu dokumen tertulis yang mengemukakan tentang ide pokok yang mendasari pertimbangan – pertimbangan untuk memulai atau mendirikan suatu bisnis dan hal – hal yang berkaitan dengan pendirian tersebut atau memulai bisnis dari awal.
Business plan pada dasarnya merupakan proses pengambilan keputusan dan dasar bagi tindakan – tindakan atau kegiatan – kegiatan yang akan dilakukan di masa mendatang.

B. Manfaat Business Plan

Setelah kita mengetahui pengertian business plan, business plan mempunyai 5 manfaat. Mau tau? Terus baca sampe selesai ya!

1. Mengawali sebuah bisnis
Membuat business plan adalah cara pertama untuk mengetahui akankah bisnis tersebut menguntungkan atau sebaliknya. Sebuah bisnis bisa dikatakan sukses salah satunya dengan membuat business plan secara detail. Sebagai langkah awal, kalian harus bisa mengidentifikasi visi dan misi dari usaha kalian.  Dengan begitu, bisnis kalian akan menjadi lebih terarah dan akan lebih dalam mengembangkannya.

2. Membantu permodalan
Dalam membangun sebuah bisnis, tentunya memerlukan modal yang sesuai dengan usaha apa yang akan kalian jalani. Jika kalian tidak memiliki business plan, tentu itu akan mempersulit kalian dalam menemukan para pemodal yang ingin memberikan dana mereka. Tidak ada pula investor yang ingin memberikan dana tanpa mengetahui apa yang mereka dapatkan. Maka penting untuk membuat business plan demi bekerjasama dengan investor.

3. Membantu membuat keputusan
Manfaat lain dalam membuat business plan adalah membantu membuat keputusan dan memberikan arahan terkait keberadaan bisnis kalian – apakah sudah sesuai dengan rencana. Selain itu, dari membuat keputuan business plan akan terlihat jelas tujuan bisnis yang kalian lakukan.

4. Membantu mengembangkan ide bisnis
Riset yang kalian dapatkan saat menyusun rencana merupakan kunci penting dalam mengembangkan ide bisnis tersebut. Riset akan menghasilkan insights dari konsumen kalian. Selain itu, membuat business plan juga memberikan pilihan ide baru untuk melakukan inovasi. 

5. Memberikan gambaran kepada konsumen dan investor
Dalam meluncurkan sebuah produk baru, tentu perlu adanya usaha ekstra dalam memasarkannya. Sebelum menggunakan social media secara maksimal, kalian harus memahami produk secara mendalam.
C. Prinsip Business Plan
         Setelah mengetahui pengertian dan manfaat, ternyata ada juga prinsip businesss plan. Prinsip dalam business plan ada lima, mau tau apa aja? Ayo dibaca terus ya!

1. Prinsip Otonomi, adalah pengusaha atau pelaku usaha meiliki kebebasan dalam kegiatan usaha tersebut dengan tidak melanggar norma atau aturan yang berlaku.

2. Prinsip Kejujuran, ialah jujur sangat penting dalam berbisnis atau berusaha, karena dengan jujur bisnis yang kita bangun akan berjalan sesuai rencana.

3. Prinsip Keadilan, ialah dalam berbisnis ini kita harus mengaktualkan visi misi yang telah kita buat agar bisnis ini sesuai dengan rencana yang kita harapkan.

4. Prinsip Saling Menguntungkan, ialah didalam berbisnis tidak hanya menguntungkan sebelah pihak, tetapi harus sama – sama saling menguntungkan. Dan menerapkan keadilan untuk langkah lebih tepat untuk mewujudkan dan menciptakan iklim persaingan yang sehat didalam pasar tersebut.

5. Prinsip Integritas Moral, ialah seorang pengusaha bukan hanya mengambil keuntungannya saja, tetapi perusahaan itu harus memiliki media yang baik bagi masyarakat, bermanfaat bagi masyarakat dan berfikir yang baik bagi bisnis bagi perusahaan didalam dunia usaha tersebut.

D. Komponen Business Plan
         Ada tujuh komponen dalam menyusun business plan, semua bagian tersebut penting, saling terkait dan berhubungan dalam kegiatan perencanaan bisnis sehingga menghasilkan sebuah persiapan yang baik untuk memulai bisnis. Berikut adalah komponen – komponen penting dalam menyusun sebuah rencana bisnis:

1. Ulasan Deskripsi Bisnis
Disini kalian harus menjelaskan secara singkat apa bidang usaha yang akan kalian jalankan. Tuliskan potensi produk kalian saat ini dan kemungkinannya dimasa depan.

2. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran akan dijalankan haruslah merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar yang harus kalian gunakan untuk menciptakan target pembeli.

3. Analisa Pesaing
Analisa pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing kalian dalam satu pasar yang sama.  Kalian juga harus mencari strategi untuk menghalangi pesaing masuk dan meniru strategi yang sama dengan kalian.

4. Rencana Desain dan Pengembangan
Rencana desain dan pengembangan diperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. 

5. Rencana Operasional dan Manajemen
Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan.

6. Pembiayaan
Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Darimana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien namun tetap dapat mengoperasikan seluruh divisi dalam perusahaan agar berjalan lancar.

7. Kesimpulan Usaha
Yang terakhir disusun adalah kesimpulan dari seluruh kerangka bisnis plan. Anda dapat menampilkan jadwal waktu tiap komponen diatas akan dilakukan, perkiraan waktunya dan hal – hal penting lainnya yang akan mendukung segala aktifitas dalam memulai usaha.

         Wah selesai juga nih materi ini! Sekian dari materi “Business Plan” ini. Semoga kalian semua paham yaa. Kayaknya segitu dulu cukup deh. Eh iya, kalau kalian males baca, coba deh liat video dibawah ini ya!




Komentar