Sumber Ide Bisnis

Sumber Ide Bisnis


           Assalamualaikum semuanyaa! Gimana kabar kalian? Semoga sehat selalu yaaa. Kali ini di blog saya akan menjelaskan tentang Sumber Ide Bisnis. Apa kalian ingin tau lebih lanjut tentang ini? Kalau pengen, yuk ikuti saya! 
3 Sumber Ide Bisnis & Contohnya
Terkadang sangat sulit menemukan jenis bisnis yang paling cocok untuk dikerjakan. Ide bisnis bisa datang dari mana saja dan kapan saja datangnya, namun diperlukan kerja nyata kita untuk mencarinya. Jika Anda ingin memulai bisnis namun masih bingung harus memulai usaha apa, berikut ini ide bisnis yang mungkin bisa membantu:
1. Jual Keunikan: Unik dan Kreatif
Tak dapat dipungkiri, bahwa diferensiasi produk, atau keunikan adalah kunci dalam memenangkan persaingan usaha. Jika kalian tergolong manusia yang unik dan kreatif, pasti banyak ide atau hal baru yang dapat kalian jadikan peluang usaha. Jika kalian berhasil menciptakan sebuah keunikan, segeralah kalian ambil hak paten dan menjualnya. Penemuan baru biasanya sangat berpeluang untuk menembus pasar, apalagi khas, unik, dan dibutuhkan oleh orang banyak.
Contoh: Kalian membuat kaos unik dengan kata – kata yang sangat lucu atau yang memotivasi. Awalnya, kaos itu terlihat biasa saja jika dilihat secara sepintas, tetapi karena ada kata – kata yang lucu atau yang membuat kita termotivasi, itu membuat menjadi unik dan bisa menambah nilai jual. Dan keuntungannya bisa jauh lebih besar dengan keunikan yang kalian jual.

         2. Duplikasi Usaha Lain: Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM)
Prinsip ATM atau Amati, Tiru dan Modifikasi adalah sebuah prinsip bisnis yang sudah sangat popular. Bahkan, metode ini juga bisa diterapkan dalam hal lain. Bagi kalian yang merasa kurang unik dan kreatif, tenang aja, jangan putus asa. Percayalah, ide usaha saat ini sudah banyak tersebar dimana – mana, bahkan didepan mata. Kalian harus selalu membaca peluang, mengukur potensi, dan harus berani mengambil resiko. 
Contoh: Disekitar kalian ada rumah makan padang yang cukup laris. Apa salahnya kalian bersaing secara sehat ditempat yang sama dengan produk yang sama? Kalian cukup menduplikasi usaha itu, tapi harus memberikan nilai tambah ke konsumen, seperti pelayanan, harga, kecepatan, dan keramahan. Contoh pelayanan yang memuaskan ke konsumen adalah memberikan air teh gratis ke konsumen atau memberikan porsi nasi atau lauk yang lebih banyak dibandingkan pesaing kalian.

         3. Usaha Fasilitas Tambahan: Beri Nilai Tambah
Selain menduplikasi, kalian juga bisa membuka usaha dengan memberikan usaha fasilitas tambahan, tapi ini harus sedikit mempunyai kreatifitas. 
Contoh: Tetangga kalian membuka warnet, maka kalian masih bisa menyainginya dengan tambahan fasilitas atau memperluas penawaran yang ada. Kalian juga bisa mendirikan warnet di lokasi yang sama. Selain itu, kalian bisa menambahkan sedikit fasilitas tambahan, yaitu menjual minuman yang sedang trend saat ini, yaitu Bubble Tea. Itu sangat cocok dengan mangsa pasar Bubble Tea dan Warnet untuk mangsa pasar anak sekolah. 

Wah selesai juga nih materi ini! Sekian dari materi “Sumber Ide Bisnis” ini. Semoga kalian semua paham yaa. Kayaknya segitu dulu cukup deh. Eh iya, kalau kalian males baca, coba deh liat video dibawah ini ya! 


Komentar