Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha

Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha

    


A. Pengertian Aspek Pemasaran
         Aspek pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memetakan suatu pasar. Dengan mengenali aspek tersebut, seseorang dapat melakukan studi kelayakan bisnis sehingga ia dapat menganalisa bisnis tersebut layak atau tidak untuk direalisasikan. Selain itu, dengan mengenali aspek tersebut seseorang juga dapat menganalisa kebutuhan pasar sehingga strategi pemasaran berjalan dengan sukses. Aspek pemasaran dalam pengelolaan usaha sama halnya dengan aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang dirancang dan diperhatikan sebelum kita memulai usaha. Analisis aspek pemasaran dilakukan untuk melihat dan menganalisis kebutuhan pasar agar strategi pemasaran yang akan dirancang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.
         Sama halnya dengan aspek pemasaran dalam kewirausahaan, aspek – aspek pemasaran dalam hal ini digunakan untuk mengembangkan usaha yang ada ditinjau dari segi pemasaran.

B. Aspek Pemasaran yang Penting untuk Diketahui Sebelum Memulai Usaha
         Dari apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, aspek marketing merupakan hal penting untuk diketahui. Inilah 4 aspek marketing yang penting diketahui sebelum memulai usaha.
1.Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah pembagian segmen suatu pasar berdasarkan pembeli. Pada umumnya, demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi. Dengan melakukan segmentasi pasar, seseorang dapat meraih laba maksimum dan strategi pemasaran akan berjalan dengan lancar.
Faktor – faktor yang digunakan untuk menyusun aspek pemasaran segmentasi pasar adalah :
·      Demografi, seperti umur, kepadatan penduduk, jenis kelamin, agama, kesukaan, pendidikan dan sebagainya,
·      Tingkat Penghasilan,
·      Sosiologis, seperti kelompok budaya, kelas-kelas sosial dan sebagainya,
·      Psikologis/psikografis, seperti kepribadian, sikap, manfaat produk yang diinginkan dan sebagainya.

2.Analisa Pasar dan Pemasaran Permintaan
Analisa pasar merupakan hal yang cukup penting. Analisa pasar dan pemasaran pada tingkat lanjut adalah dengan melakukan analisa dan peramalan permintaan. Adapun hal yang perlu diperhatikan adalah:
·      Permintaan Pasar
Pada evaluasi kesempatan pemasaran, kebanyakan perusahaan memilai dengan melihat permintaan pasar. Kemudian apa yang dimaksud dengan permintaan pasar. Kotler mengemukakan definisi permintaan pasar bagi suatu produk adalah “volume total yang akan dibeli oleh kelompok pembeli tertentu dalam lingkungan pemasran tertentu dan program pemasaran tertentu pula”. Melihat definisi tersebut kita dapat melihat bahwa permintaan pasar itu bukanlah merupakan sebuah konsep yang sederhana karena di dalamnya terdapat 8 unsur penting seperti produk, volume total, dibeli, kelompok pembeli, daerah geografis, periode waktu, lingkungan pemasaran, program pemasaran.
·      Faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan pasar
Menurut para ahli ekonomi, terdapat beberapa faktor utama sebagai penentu dari permintaan pasar. Faktor – faktor tersebut adalah harga produk, harga produk lain, penghasilan pembeli, selera pembeli. Pada faktor – faktor tersebut perlu ditambahkan adanya faktor penentu non-harga seperti usaha periklanan dan usaha penjualan dengan salesman.

3.Analisa Pesaing
Analisa pesaing adalah salah satu hal yang cukup signifikan. Analisa ini menjadi penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Pesaing adalah perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan produk kita. Kenali pesaing potensial dan pesaing umum Anda. Buatlah strategi pemasaran berdasarkan kekuatan serta kelemahan mereka. Dengan melakukan hal ini, Anda juga bisa melakukan identifikasi terhadap peluang, dan ancaman terhadap bisnis Anda.
4. Promosi
Promosi juga merupakan aspek marketing yang penting. Promosi adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar melakukan pembelian. Dalam melakukan promosi, Anda dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan kata – kata dan aksi persuasif. Anda dapat melakukan iklan, personal selling atau pun cara – cara promosi lain.
Definisi lainnya menyebutkan bahwa promosi merupakan segala hal terkait kegiatan pemasaran yang memiliki tujuan dalam mendukung permintaan. Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan promosi adalah sebagai berikut :
·      Tujuan Promosi 
Promosi memiliki tujuan yang ingin dicapai sehingga dalam penyusunan strategi promosi dapat tepat sasaran dan dilakukan seefisien mungkin. Berikut tujuan dari promosi adalah memberitahu konsumen tentang penawaran produk, mengingatkan kepada konsumen akan manfaat dari produk yang kita tawarkan, membujuk konsumen untuk melakukan transaksi pembelian, merubah perilaku konsumen, mempertahankan merk produk perusahaan di mata konsumen.
·      Bauran Promosi

Bauran promosi atau disebut dengan Promotional Mix dalam aspek pemasaran adalah kombinasi strategi terbaik dari faktor yang terkait dengan periklanan, penjualan langsung, dan berbagai alat untuk promosi yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.

Komentar